Saturday, January 18, 2014

Kernel Panic Saat Booting Slackware di Virtualbox

nemu lagi penyakitnya slackware di virtualbox & cara fix nya:

http://www.zak.co.il/tddpirate/2012/06/26/installing-slackware-a-linux-distribution-in-a-virtualbox-virtual-machine/

ini kernel panic setelah diinstal, tepatnya pada saat booting. mau dicoba dulu 



hahahaha..... akhirnya gue berhasil booting ke desktop nya slackware 14.1 . berhasil troubleshooting Kernel Panic nya pas sudah di instal di virtualbox. troubleshooting pas baru booting untuk instalasi juga sudah bisa beres tadi.

lam-lama gue bisa jadi troubleshooter nya linux. setelah di tempat kerja, hampir tiap hari troubleshooting Windows. ternyata itu troubleshooting pas booting setelah diinstalnya itu. pas di halaman yg ada tulisan Slackware, ini LILO nya ya ? tekan tombol Tab, nanti muncul tuh console nya, yg tulisannya boot: .

awalnya gue tulis printah troubleshooting yg pertama, katanya ini namanya memberi flag pada proses booting slackware:

huge.s intel_pstate=disable

terus tekan tombol ENTER, eh ternyata jawabannya: No such image. terus disampingnya ada tulisan tekan tombol Tab untuk pilihan yg tersedia. gue coba tekan muncul tulisan: Linux . tadi pas troubleshooting booting pada saat instalasi perasaan nggak perlu tulis linux deh.

ah gue tebak-tebakan aja, siapa tau yg Linux ini image yg dimaksud itu.

terus browsing-browsing nemu halaman ini:

http://lwn.net/Articles/573281/

katanya pakai perintah:

hugesmp.s intel_pstate=disable

jadi gue tambahin aja pakai Linux, jadi perintahnya:

Linux hugesmp.s intel_pstate=disable

tekan ENTER, dan booting deh sampai muncul bagian login ala Backtrack gitu. seperti biasa ketik : startx . akhirnya masuk deh ke desktop xface. ini screen shoot nya:






 terus mau edit file configurasi yg bikin error itu, katanya sih tadi ada file config nya. biar tiap booting nggak muncul tuh error. dan nggak perlu manual kasih Flag lagi.

 komplit juga ya ternyata si Slackware 14.1 versi DVD nya ini. sampai aplikasi office nya juga ada. kebetulan gue instal yg full softwarenya. . nggak kalah nih sama Ubuntu. kirain bakalan ketemu OS sangar yg serba gelap tampilannya alias Console melulu. ternyata ramah. barangkali lebih ramah ketimbang distro Pentest hahahaha....


ternyata slackware ini game nya bejibun. ada firefox. ada pemutar file multimedia. ada software torrent. ini sih user friendly banget.
software buat developmentnya juga langsung disediakan. QT DESIGNER aja ada. hahaha.... slackware ini distro yg bisa dipakai buat sehari-hari. bisa jadi pengganti ubuntu nih. mungkin ini distro untuk penggunaan sehari-hari tapi juga tidak melupakan untuk mereka yg ingin melihat source code aplikasinya. istilahnya download source code & built dari source code. sehingga kustomasi bisa lebih mendalam.

bisa nih bikin warnet client pakai slackware. untuk di sekolah-sekolah juga mantap ini slackware.
semalaman instal slackware. istirahat dulu. kirain distro menyeramkan. ternyata distro unyu-unyu. ternyata pakai linux itu mudah. cocok buat gue yg suka utak-atik. cuma perlu belajar doang. sebelumnya cuma pakai ubuntu. yg katanya distro gampang banget. sekarang udah naik tingkat ke slackware. tinggal pentest sama keamanan yg belum gue faham. mau belajar pentest & keamanan di slackware yg ternyata unyu-unyu . semoga slackware ini bisa di utak-atik sehingga kompatibel dengan hardware-hardware yg ada disekitar gue.

berbagai kebutuhan sudah terpenuhi oleh Linux. bisa berkreasi juga menggunakan linux. (kebetulan kurang suka main game, lebih senang utak-atik IT) . Jadinya untuk apa pakai windows yg lisensinya mahal ???? mendingan duitnya buat beli PC Rakitan atau peralatan jaringan.

buka-buka aplikasi slackware. nyobain slackware siang-siang. wow ada QT Designer. ini yg biasa dipakai mas @ade malsasa akbar . bisa bikin program pakai bahasa C & C++ . biasa tukang coding , begitu buka yg langsung menarik perhatian ada software buat coding. lihat pas instal tadi ada instal C & C++ compiler sama sejumlah bahasa script. cocok nih buat belajar pentest & berbagai hal yg low level. emang aslinya linux zaman dahulu itu selalu hadir bersama dengan tools buat development, ketika kita menginstalnya.

nggak kayak windows yg tools buat developmwntnya di jual terpisah. mahal lagi. coba aja lihat harga visual studio. hahahahaha... makanya LINUX itu cepat berkembang.
 
ngejalanin slackware di virtualbox. laptop tetap normal suhunya.

No comments:

Post a Comment

please, write your comment about this article