Monday, November 17, 2014

Rencana Presentasi Pembelajaran Linux Di DILO

gue pasang disini aja rencana pembelajaran Linux untuk di Digital Lounge (DILO) Balikpapan, biar nggak lupa:


di Dilo ada Wifi nya, mudah-mudahan kencang & gratis, bisa buat download ISO Linux. diajakin ngajarin linux dari level pemula banget. ngajarin apa ya ??? ngajarin instal virtualbox aja dulu di windows, terus instal itu ISO Linux di Virtualbox. pakai distro apa ??? Ubuntu aja kali ya , ngikutin yg mainstream, tapi mau juga ngasih kenal ke yg CLI doang. yah bikin perbandingan antara CLI dengan GUI.

sedari dini diajarin CLI & Terminal. biar nggak nangis kalau tiba-tiba GUI Linuxnya hilang & nggak ngambek kalau ada yg harus dikerjakan lewat GUI.
terus ngajarin apa lagi ??? ngasih kenal konekin modem USB pakai wvdial, utak atik usbmodeswitch, usbmodeswitch-data. hahahaha..... ini yg menantang.... pakai CLI lagi. banyak yg di forum internet aja suka ogah-ogahan kalau disarankan pakai wvdial. masalah lain apa ???? hmmm.... dikenalkan sama interface jaringan eth gitu. biar kenal sama jaringan kabel di LInux.

kalau eth aja bisalah pakai virtualbox. dikenalkan sama DHCP. yg gini perlu kalau mau konek ke modem speedy. ngenalin nya yg utama pakai CLI, edit-edit file konfigurasi pakai nano text editor. jangan pakai network manager yg GUI yg utama.

alasanya kenapa ngenalkan jaringan, LInux tanpa jaringan internet, bagai sayur tanpa garam. terus ngajarin apa ??? office, mengenalkan Libre Office. apalagi ??? kompresi file. apalagi ??? download file, pakai torrent, download manager. apalagi ??? multimedia, film, musik di Linux.

belajar menikmati kesenangan di Linux seperti kita menikmati kesenangan di Windows. wow. hahahaha..... ngajarin multimedia aja nanti ada masalah sama codec, ngajarin lagi instal codec.

yah DILO itu bisa jadi pusat penyebaran LInux, baik file ISO, ilmunya, sampai teknik troubleshootingnya. yah semoga DILO nya bisa konsisten ada, gue juga bisa konsisten nongkrong disitu sambil sharing skill, ilmu, minat di bidang IT.

dan ada lampu hijau buat pembelajaran pentest di Dilo. mudah-mudahan IBTEAM bisa punya tempat ngumpul di DILO kalau di Balikpapan. kalau gue sih mau oprek oprek Metasploit di DILO. hmmmm...... banyak ide sih buat tempat seperti DILO. tinggal isi dengan konsisten, jadinya para Hacker punya tempat di dunia nyata, selain kumpul di forum-forum internet & mengembangkan hacking dalam arti yg luas.

No comments:

Post a Comment

please, write your comment about this article